Minggu, 02 Desember 2012

Profil Kesederhanaan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

          Sang presiden yang tegas dalam menentang kebijakan Barat dan sekutunya itu ternyata dalam kehidupan pribadinya sungguh tidak ubahnya sebagai rakyat biasa. Bahkan  terkesan seperti bukan presiden. Misalnya sang presiden yang sangat digandrungi masyarakat itu bila masuk waktu shalat ia lakukan dimanapun, meskipun di  jalanan dengan  sajadah seadanya dan yang lebih mengherankan adalah gajinya sebagai presiden tidak diterimanya. Masa sih?

     Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya: "Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?"

        Jawabnya: "Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:"Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran ." Hal yang sangat sulit dijumpai pada pemimpin di Indonesia.
      Hal pertama yang dilakukannya ketika diangkat menjadi presiden adalah mengumumkan kekayaan dan propertinya yaitu sebuah sedan Peugeot 504 tahun 1977 dan rumah sederhana warisan ayahnya di sebuah daerah kumuh di Teheran. Bandingkan dengan presiden-presiden di Indonesia yang belum pernah ada yang melakukan hal yang sama. Bahkan anggota dewan yang terhormat, DPR kita pun tidak layak diperbandingkan dengan Ahmadninejad.
 
Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.
Masih banyak lagi potret-potret kesederhanaannya sebagai pemimpin iran, berikut sebagian potret dari kesederhanaanya.

1. Acara Pernikahan putranya sangat terlihat sederhana
    Pastinya anda tidak menyangka bahwa ini adalah acara pernikahan putra dari seorang presiden. Sangat sederhana, dapat dibilang ini terlihat seperti acara syukuran warga menegah kebawah di Indonesia.




 
2. Jumpa Pers Secara Lesehan
  
  Mungkin ini cara beliau untuk mendekatkan diri dengan media dan rakyat sehingga mereka tidak merasa lebih rendah darinya.






3. Berpakaian Apaadanya. 
 
 Sepertinya presiden yang satu ini tidak memiliki cukup uang untuk menggonta ganti bajunya, hehe.. Bahkan disalah satu sumber menyatakan bahwa gajinya sebagai presiden tidak diterimanya. Dan gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250. Hmmm.. Untung preseiden ini gk pernah curhat di depan media kalo gajinya gak naik-naik kaya.... U know lah.. :p




4. Sarapan ala Istana Kepresidenan  Ahmadinejad
 
 Ahmadinejad tidak sungkan untuk membawa bekal makanannya yang dibawa dari rumah dan disiapkan oleh sang istri tercinta. Bekal sarapan itu berisikan roti isi atau roti keju dan dimasukan ke dalam tas dan dimakannya dengan gembira.






  5. Rumah dan mobil properti Presiden
 
 Jika anda berpikir ini Rumah seorang rakyat jelata, anda salah, walaupun memang terlihat seperti itu. Ini adalah rumah seorang presiden Ahmadinejad. Sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Dan mobilnya, Jangan kaget, inilah mobil Presiden Iran, bukan Merci, BMW atau Audi mewah dengan security tingkat tinggi, tetapi Peugeot 504 tahun 1977.

6. Menyegerakan Shalat walaupun harus berhenti di pinggir Jalan
 
Hal yang harus dicontoh buat kita. ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat di manapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa. Hmm. yang saya bingung gimana wudhunya ya? Mungkin beliau selalu bawa dirigen air di mobilnya buat wudhu atau gk tayamum aja kali. Bagaimanapun itu, perbuatannya ini sangatlah luar biasa.



 7. Lebih Nyaman Tidur di Lantai
       
      Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? 
     Saya rasa cara tidur seperti ini sama sekali tidak merendahkan posisi presiden. Karena tidak ada yang dirugikan dengan cara tidur seperti ini. Justru yang merendahkan posisi presiden adalah tidur di atas kasur yang mewah yang dibeli dengan duit rakyat, tetapi rakyatnya tidur di lantai. Dan kalau diperhatikan cara tidurnya, seperti yang disunahkan Rasulullah yaitu dengan memiringkan badan ke kiri. Tidur seperti ini sangatlah sehat karena posisi badan tidak menekan jantung yang posisinya berada di kanan.
        Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.
 
 8. Datang terlambat? Tau Diri.
 
    Berbeda dengan perlakuan terhadap presiden dan pejabat pemerintah di negara kita, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tidak akan melangkahi makmum lain di sebuah mesjid jika ia datang terlambat. Ia akan duduk di barisan ke berapa pun yang didapatinya.
Hal yang harusnya disadari oleh pemimpin-pemimpin lain karena semua orang memiliki kedudukan yang sama ketika menghadap Allah SWT kecuali iman dan taqwanya.



   9. Teguh Memegang Prinsip
      Pada kunjungannya ke Inodnesia beberapa waktu lalu, ia juga tidak mau bersalaman dengan wanita yang bukan muhrimnya, cukup menundukan kepala sebagai rasa hormat.
Mudah2an pemimpin di Indonesia ketularan sifat baiknya.
  


     Itulah tadi beberapa sifat kesederhanaan dari presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Terlepas dari berita2 negatif tentang dirinya, seperti pernah menghina sahabat nabi ataupun ia merupakan keturunan yahudi yang merupakan pemberitaan konspirasi ataupun tidak. Semoga kita dapat mengambil sifat2 baik beliau agar Bangsa Indonesia ini berubah lebih maju karena kita adalah generasi penerus bangsa.
Sekian Terima Kasih.

1 komentar:

Semoga memberi inspirasi bagi kita untuk hidup lebih baik lagi....aamiin

Posting Komentar